Euro 2024 Di Mulai Hari ini, Sejarah Awal Mula Euro.

Prediksigol.com – Euro 2024 Di Mulai, Jumat (14/06/2024) yang mana laga dari Timnas Jerman Vs Timnas Skotlandia akan menjadi laga pembukanya. Sebelum menikmati Euro 2024, ada baiknya mengenal terlebih dahulu sejarah awal mula terciptanya ajang bergengsi Piala Eropa ini.

Perlu diketahui, Euro 2024 merupakan edisi ke-17 dari ajang Piala Eropa. Jerman dipercaya menjadi tuan rumah Euro 2024, yang mana turnamen tersebut akan digelar pada tanggal 14 Juni – 14 Juli 2024. Euro 2024 pun akan diikuti oleh 24 Tim, dimana hanya Georgia yang berstatus sebagai tim debutan di Piala Eropa tersebut. Lantas memang sebelumnya ada berapa tim yang mengikuti ajang Euro tersebut?

Untuk itu, kita akan membahas sejarah awal awal mula Piala Eropa secara singkat sebelum Euro 2024 Di Mulai. Perlu diketahui, awal mulanya ide mengenai turnamen sepakbola antara negara Eropa pertam kali dikemukakan pada tahun 1927 oleh Henri Delaunay.

Henri Delaunay sendiri merupakan Sekertaris Jendral Federasi Sepak Bola Prancis saat itu. Namun, gagasannya, itu kalah saing dengan Piala Dunia di Uruguay pada 1930. Meskipun demikian, ide brillian Delaunay tak menghilang begitu saja. Gagasan kompetisi antar negara Eropa itu kemudian dibahas lagi setelah Italia, Belgia, dan Prancis membentuk Asosiasi Sepakbola Eropa alias UEFA pada tahun 1954. Saat itu, Delaunay pun ditunjuk sebagai Sekertaris Jendral.

Euro 2024 Di Mulai : Awal Euro berlangsung

Belum sempat melihat secara langsung ajang piala eropa yaitu Euro ini digelar. Delaunay menghembuskan nafas terakhirnya pada tahun 1955. Sedangkan untuk Euro sendiri pertama kali digelar pada tahun 1960, dimana Prancis ditunjuk pertama kali sebagai tuan rumahnya.

Kala itu pun nama turnamen bukan Euro, melainkan European Nation Cups alias Piala Nasional Eropa. Untuk menghormati Delaunay, trofi pertama Euro pun dinamai atas namanya. Singkat cerita, di final Euro 1960 mempertemukan Uni Soviet dengan Yugoslavia. Uni Soviet pun keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 2-1 dalam turnamen perdana Euro tersebut.

Di Euro 1960, hanya ada empat tim yang berkompetisi di final turnamen yang berlangsung di Prancis, pada 6-10 Juli 1960. Tuan rumah kalah di semifinal pembukaan dari Yugoslavia dengan skor 4-5. Di semifinal lainnya, yang berlangsung di hari yang sama, Uni Soviet mengalahkan Cekoslawakia dengan kemenangan 3-0.

Lalu Timnas Prancis kalah 0-2 dari Cekoslowakia di perebutan tempat ketiga di Marsille pada 9 Juli sebelum Uni Soviet mengalahkan Yugoslavia di final keesokan harinya. Jadi, itulah awal mula Euro 1960 atau Piala Eropa dimulai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *