Indonesia vs Uzbekistan: Indonesia Gagal Masuk Final

Pada Senin (29/04/2024) pukul 20:00, telah berlangsung laga AFC U-23 yaitu Indonesia vs Uzbekistan. Timnas Indonesia U-23 harus menerima kegagalannya untuk melaju ke Final karena Hasil Semifinal AFC U-23 Skuat Garuda tumbang dengan skor 2-0.

Timnas Uzbekistan U-23 harus berhasil melaju ke babak selanjutnya berkat gol yang di cetak oleh Khusayin Norchaev dan gol bunuhi diri Pratama Arhan di babak kedua yang membawa Timnas Uzbekistan U-23 akan melaju ke Final. Sementara itu, Timnas Indonesia U-23 akan menjalani perebutan Juara Ketiga.

Indonesia vs Uzbekistan: Babak Pertama

Pertandingan antara Indonesia vs Uzbekistan yang berlangsung semalam pada pukul 21.00 WIB dan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa ini berjalan dengan tempo sedang. Akan tetapi, Uzbekistan mampu menguasai permainan dan penguasaan bola. Meskipun begitu, Uzbekistan kesulitan membuat peluang bersih karena pertahanan dari Skuat Garuda ini bermain dengan rapih sehingga Timnas Uzbekistan kesulitan untuk membuat serangan.

Pada menit ke-31, Timnas Uzbekistan nyaris mencetak gol dari tendangan Bo’riyev dari luar kotak penalti. Namun tendangan tersebut terlalu melambung tinggi dan hanya mengenai mistar gawang dan gagal masuk ke dalam gawang tersebut.

Di sisa babak pertama ini, Uzbekistan masih mendominasi penguasaan bola. Sementara Timnas Indonesia mengandalkan serangan balik. Namun serangan dan pressing dari Uzbekistan begitu kuat dan membuat Timnas Indonesia kesulitan dalam mengembangkan permainan. Hingga akhir babak pertama berakhir, kedudukan masih imbang antara Indonesia vs Uzbekistan yaitu 0-0.

Babak Kedua

Uzbekistan melakukan pergantian dua pemain pada saat jeda pertandingan. Khojimat Erkinov dan Ulugbek Khosimov di tarik dan di gantikan oleh Jasurbek Jaloliddinov dan Khusayin Norchaev. Awal babak kedua mulai memanas karena serangan demi serangan yang di lancarkan oleh Uzbekistan ke gawang Indonesia.

Pada menit-60 pertandingan makin memanas, serangan demi serangan di lancarkan ke gawang Uzbekistan. Memanfaatkan peluang yang ada Muhammad Ferrari berhasil merebut bola dan mencetak gol masuk ke dalam gawang Uzbekistan.

Akan tetapi, gol tersebut di anulir oleh wasit dan di anggap tidak sah, karena padasaat gol tersebut di cetak oleh Muhammad Ferrari, Ramadhan Sananta sudah berada dalam posisi offside ketika duel di depan gawang Uzbekistan, sehingga gol di anggap tidak sah.

Empat menit berselang, justru gawang Indonesia yang kebobolan. Mendapatkan umpan silang dari Khamralaliev dari sisi kanan, Norchaev mampu menyambut bola dengan tendangan voli dan masuk ke gawang Indonesia. Uzbekistan unggul 1-0.

Gol itu membuat Uzbekistan semakin percaya diri. Di menit ke-72, Abbosbek Fayzullaev melepaskan tembakan keras yang mengenai tiang gawang. Uzbekistan juga kembali apes ketika sundulan Norchaev mengenai mistar gawang di menit ke-77.

Di menit ke-83, Timnas Indonesia U-23 harus bermain dengan 10 pemain. Rizky Ridho mendapatkan kartu merah, setelah VAR menunjukkan bahwa sang bek melakukan pelanggaran yang sengaja kepada pemain Uzbekistan saat membuang bola.

Di menit ke-85, gawang Indonesia kembali bobol. Ada miskomunikasi antara Arhan dan Ernando saat ingin menghalau bola sundulan Khusanov, sehingga Arhan mencetak gol bunuh diri. Uzbekistan unggul 2-0 atas Indonesia.

Meski bermain 10 pemain, Timnas Indonesia U-23 tetap mencoba menyerang. Peluang terbaik Indonesia dilepaskan oleh Marselino Ferdinan namun hanya mengenai jaring gawang.

Di sisa babak kedua ini, kedua tim saling melakukan jual beli serangan. Namun skor 2-0 tetap bertahan untuk keunggulan Uzbekistan.

Indonesia vs Uzbekistan

Statistik Pertandingan: Indonesia vs Uzbekistan

Indonesia U-23 – Uzbekistan U-23
Goals: 0-2
Total Shots: 4-24
Shots on Target: 0-4
Posession: 37%-63%
Fouls: 16-8
Offsides: 2-1

One thought on “Indonesia vs Uzbekistan: Indonesia Gagal Masuk Final

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *